.quickedit{ display:none; }

cctv

Rabu, 11 Desember 2013

PROSEDUR DARURAT DAN SAR

PROSDASAR
Terangkan Gunanya peralatan komunikasi Darurat sbb :
a. Radio GMDSS
b. EPIRB
Jawab :
a.  GMDSS adalah Suatu perangkat komunikasi yg mempunyai technologi modern yg dpt memastikan pengiriman sinyal, kecpatan penyaluran& merupakan system komunikasi yg efective dlm operasi SAR dilaut. Prinsip GMDSS adalah bahwa setiap kapal hrs dpt mengirim & menerima Isyarat bahaya untuk keselamatan kapal2 agar informasi2 penting segera dpt diketahui kapal/station lain.

b.  EPIRB adalah suatu alat pengirim sinyal bahaya yg bekerja pada Freq  121,5 mhz & 406,025 mgz. Pesawat EPIRB apa bila diaktifkan akan memancarkan signal ke Satelit Cospas Sarsat kemudian diteruskan ke Local User Terminal (LUT) kemudian diteruskan lg ke Rescue Coordinat Centre (RCC), dari RCC informasi kemudian diteruskan ke team SAR.

Medico “
Yaitu berita urgency yg biasanya diawali dgn medico yg dilakukan kapal melalui station radio pantai yg ada hubungannya dgn fasilitas bantuan kesehatan untuk awak kapal, Kpal tersebut dpt dihubungkan dgn RS atau Dokter sehinggadpt dilakukan komunikasi Advice tentang penanganan gangguan kesehatan.

“ Medevac”
Yaitu berita urgency yg dilakukan kapal melalui station radio pantai yg ada hubungannya dgn pengevakuasian awak kapal yg mengalami gangguan kesehatan.

Kaitanya dgn prosedure medical em’cy diatas kapal
adalah untuk membantu awak kapal dlm mengatasi gangguan kesehatan pd awak kapal / penumpang.

Man Over Board Signal
adalah  pelampung yg dilengkapi dgn  isyarat asap & lampu, isyarat 
asap minimal dpt aktif selama 15 menit & lampu minimal dpt  menyala selama 2 jam

Keadaan darurat
adalahsuatu keadaan diluar keadaan normal yg terjadi diatas kapal yg mempunyai tingkat kecenderungan akan dpt membahayakan Jiwa manusia, harta benda & lingkungan dimana kapal berada.

Prosedure keadaan darurat adalah Tata cara kerja atau urut-urutan tindakan yg hrs dilaksanakan pd saat kapal mengalami suatu keadaan diluar keadaan normal yg mempunyai tingkat kecenderungan akan dpt membahayakan keselamatan jiwa manusia, harta benda & lingkungan agar supaya akibat yg ditimbulkan dapat kita tekan sekecil mungkin atau kalau dpt akibat yg ditimbulkannya itu kita hilangkan sama sekali.

Keuntungan dibuatnya organisasi penanggulangan keadaan darurat
1.   Tugas dan tanggung jawab menjadi ringan karena ditangani bersama.
2.   Dapat mengurangi tindakan yg tdk disiplin karena tugas dantanggung jawab diberikan secara tertulis
3.   instruksi lebih terarah karena hanya satu komando
4.   Dapat terhindar dari hambatan hirarki formal
5.   Semua individu merasa terkait

Tindakan-tindkaan preventif yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya keadaan darurat di kapal :

1.    Melaksanakan latihan-latihan darurat secara terus menerus dan sungguh-sungguh sesuai ketentuan yang berlaku.
2.    Selalu mengedepankan sistem kerja yang aman dengan cara mematuhi dan melaksanakan semua ketentuan-ketentuan yang ada pada safety pada setiap jenis pekerjaan.
3.    Badan kapal dan mesin-mesinnya serta peralatan serta peralatan-peralatan lainnya harus layak dan memenuhi ketentuan yang berlaku.
4.    Menetapkan ruang smoking room di atas kapal.
5.    Selalu memantau berita cuaca dengan sebaik mungkin.
6.    ABK harus mempunyai fisik dan mental yang sehat dan kuat, terdidik dan terampil dalma menjalankan tugasnya, berdedikasi tinggi dalam melaksanakan peritnah atasnnya serta disiplin dan mampu bekerja sama dengan ABK yang lainnya.

Mesin2 & perlengkapan yg hrs dpt dioperasikan dlm keadaan darurat sesuai SOLAS 74 :                                              
1.   Emergency steering gear
2.   Emergency Generator
3.   Emergency radio Comunikasi
4.   Emergency Fire pump.
5.   Emergency ladder
6.   Emergency fire pump
7.   Emergency Life Buoy
8.   Emergency Escape Trunk

Ship Board Emergency Contingency Plan
 adalah Rencana / Program kerja untuk menanggulangi segala macam kemungkinan akan timbulnya keadaan darurat diatas kapal yg didasarkan pada suatu pola terpadu , yg mampu mengintegrasikan activitas/ upaya penanggulangan secara cepat,tepat,aman & terkendali atas dukungan dr instansi terkait & sumber daya manusia & Fasilitas yg tersedia.

Muster List
adalah sebuah daftar yg berisikan nama & jabatan dr crew sebuah kapal beserta tugas2 khusus yg hrs dilaksanakan untuk mengatasi eadaan2 darurat yg mungkin  akan terjadi diatas kapal.

Muster station
Suatu tempat digeladak terbuka sbg tempak berkumpul kru bila di kapal terjadi keadaan darurat.

IAMSAR
adalah Indicating automatic monitoring search & rescue.

MPP (Most Prohibable Position)
adalah posisi target yg paling memungkinkan yg akan ditolong setelah memperhitungkan adanya drift.

Co-ordination surface search
Kapal selain unit penolong yg dirancang untuk mengkoordinir pelaksanaan operasi sar di daerah khusus.

SRU (SAR Rescue Unit)
Adalah suatu unit dari team pencarian korban.

SMC (SAR Mision Coordinator)
adalah suatu Organisasi yg dikoordinir oleh authority/pemerintah yg bertugas mengkoordinir jalannya operasi SAR.

Hypotermia
adalah penurunan suhu tubuh dibawah 36 celcius yg kemungkinan karena berada diair terlalu lama.
Penangananya :
Selimuti korban dgn Thermal protective aid.& Beri air minum hangat.

Guna AXE & CROW BAR
adalahalat semacam kampak & linggis yg berguna untuk memecahkan / mendobrak pintu/kaca dlm kaitanya dgn operasi pemadaman kebakaran.

Internasional Shore Connection
adalah Koupling internasional yg berfungsi untuk menyambung selang dikapal dgn hidrant yg ada didarat apabila terjadi kebakaran dipelabuhan, terdiri dr Coupling pin lug, Flange 14.5 mm, 4 Bolt, 4 Nut, 2 Gasket Ø 16 mm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar