PROSDASAR
Terangkan Gunanya peralatan komunikasi Darurat sbb :
a. Radio GMDSS
b. EPIRB
Jawab :
a.
GMDSS
adalah Suatu perangkat komunikasi yg mempunyai technologi modern yg dpt
memastikan pengiriman sinyal, kecpatan penyaluran& merupakan system
komunikasi yg efective dlm operasi SAR dilaut. Prinsip GMDSS adalah bahwa
setiap kapal hrs dpt mengirim & menerima Isyarat bahaya untuk keselamatan
kapal2 agar informasi2 penting segera dpt diketahui kapal/station lain.
b.
EPIRB adalah
suatu alat pengirim sinyal bahaya yg bekerja pada Freq 121,5 mhz & 406,025 mgz. Pesawat EPIRB
apa bila diaktifkan akan memancarkan signal ke Satelit Cospas Sarsat kemudian
diteruskan ke Local User Terminal (LUT) kemudian diteruskan lg ke Rescue
Coordinat Centre (RCC), dari RCC informasi kemudian diteruskan ke team SAR.
“ Medico “
Yaitu berita urgency yg biasanya diawali dgn
medico yg dilakukan kapal melalui station radio pantai yg ada hubungannya dgn
fasilitas bantuan kesehatan untuk awak kapal, Kpal tersebut dpt dihubungkan dgn
RS atau Dokter sehinggadpt
dilakukan komunikasi Advice tentang penanganan gangguan kesehatan.
“ Medevac”
Yaitu
berita urgency yg dilakukan kapal melalui station radio pantai yg ada
hubungannya dgn pengevakuasian awak kapal yg mengalami gangguan kesehatan.
Kaitanya
dgn prosedure medical em’cy diatas kapal
adalah
untuk membantu awak kapal dlm mengatasi gangguan kesehatan pd awak kapal /
penumpang.
Man Over Board Signal
adalah pelampung yg dilengkapi dgn isyarat asap & lampu, isyarat
asap minimal dpt
aktif selama 15 menit & lampu minimal dpt
menyala selama 2 jam
Keadaan darurat
adalahsuatu
keadaan diluar keadaan normal yg terjadi diatas kapal yg mempunyai tingkat
kecenderungan akan dpt membahayakan Jiwa manusia, harta benda & lingkungan
dimana kapal berada.
Keuntungan
dibuatnya organisasi penanggulangan keadaan darurat
1.
Tugas dan tanggung jawab menjadi ringan karena ditangani bersama.
2.
Dapat mengurangi tindakan yg tdk disiplin karena tugas dantanggung
jawab diberikan secara tertulis
3.
instruksi lebih terarah karena hanya satu komando
4.
Dapat terhindar dari hambatan hirarki formal
5.
Semua individu merasa terkait
Tindakan-tindkaan preventif yang harus dilakukan untuk mencegah
terjadinya keadaan darurat di kapal :
1.
Melaksanakan
latihan-latihan darurat secara terus menerus dan sungguh-sungguh sesuai
ketentuan yang berlaku.
2.
Selalu mengedepankan sistem
kerja yang aman dengan cara mematuhi dan melaksanakan semua ketentuan-ketentuan
yang ada pada safety pada setiap jenis pekerjaan.
3.
Badan kapal dan
mesin-mesinnya serta peralatan serta peralatan-peralatan lainnya harus layak
dan memenuhi ketentuan yang berlaku.
4.
Menetapkan ruang smoking
room di atas kapal.
5.
Selalu memantau berita
cuaca dengan sebaik mungkin.
6.
ABK harus mempunyai fisik
dan mental yang sehat dan kuat, terdidik dan terampil dalma menjalankan
tugasnya, berdedikasi tinggi dalam melaksanakan peritnah atasnnya serta
disiplin dan mampu bekerja sama dengan ABK yang lainnya.
Mesin2
& perlengkapan yg hrs dpt dioperasikan dlm keadaan darurat sesuai SOLAS 74
:
1.
Emergency steering gear
2.
Emergency Generator
3.
Emergency radio Comunikasi
4.
Emergency Fire pump.
5.
Emergency ladder
6.
Emergency fire pump
7.
Emergency Life Buoy
8.
Emergency Escape Trunk
Ship Board Emergency Contingency Plan
adalah Rencana / Program kerja untuk
menanggulangi segala macam kemungkinan akan timbulnya keadaan darurat diatas
kapal yg didasarkan pada suatu pola terpadu , yg mampu mengintegrasikan
activitas/ upaya penanggulangan secara cepat,tepat,aman & terkendali atas
dukungan dr instansi terkait & sumber daya manusia & Fasilitas yg
tersedia.
Muster List
adalah
sebuah daftar yg berisikan nama & jabatan dr crew sebuah kapal beserta
tugas2 khusus yg hrs dilaksanakan untuk mengatasi eadaan2 darurat yg
mungkin akan terjadi diatas kapal.
Muster station
Suatu tempat digeladak terbuka sbg tempak berkumpul kru bila di
kapal terjadi keadaan darurat.
IAMSAR
adalah
Indicating automatic monitoring search & rescue.
MPP
(Most Prohibable Position)
adalah
posisi target yg paling memungkinkan yg akan ditolong setelah memperhitungkan
adanya drift.
Co-ordination surface search
Kapal selain unit penolong yg dirancang untuk mengkoordinir
pelaksanaan operasi sar di daerah khusus.
SRU
(SAR Rescue Unit)
Adalah
suatu unit dari team pencarian korban.
SMC
(SAR Mision Coordinator)
adalah suatu
Organisasi yg dikoordinir oleh authority/pemerintah yg bertugas mengkoordinir
jalannya operasi SAR.
Hypotermia
adalah penurunan suhu tubuh dibawah 36 celcius yg kemungkinan
karena berada diair terlalu lama.
Penangananya :
Selimuti korban dgn Thermal protective aid.& Beri air minum
hangat.
Guna AXE & CROW BAR
adalahalat semacam kampak &
linggis yg berguna untuk memecahkan / mendobrak pintu/kaca dlm kaitanya dgn
operasi pemadaman kebakaran.
Internasional Shore Connection
adalah Koupling internasional yg berfungsi untuk
menyambung selang dikapal dgn hidrant yg ada didarat apabila terjadi kebakaran
dipelabuhan, terdiri dr Coupling pin lug, Flange 14.5 mm, 4 Bolt, 4 Nut, 2
Gasket Ø 16 mm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar